KEDUDUKAN
MANAJEMEN SUMBER DAYA
MANUSIA DALAM
ORGANISASI
Makalah
Ini Diajukan untuk Memenuhi Salah Tugas Manajemen Sumber Daya Manusia pada Semester IV Program Studi Ekonomi Syariah Kelompok 6
Sekolah
Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Watampone
Oleh
KASMIA
NURLINDA
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN)
WATAMPONE
2015
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Sumber Daya Manusia (SDM) adalah faktor sentral
dalam suatu organisasi. Apapun bentuk serta tujuannya, organisasi dibuat
berdasarkan berbagai visi untuk kepentingan manusia dan dalam pelaksanaan
misinya dikelola dan diurus oleh manusia. Jadi, manusia merupakan faktor
strategis dalam semua kegiatan institusi/organisasi.
Selanjutnya, MSDM berarti mengatur, mengurus SDM
berdasarkan visi perusahaan agar tujuan organisasi dapat dicapai secara
optimum. Karenanya, MSDM juga menjadi bagian dari Ilmu Manajemen (Management
Science) yang mengacu kepada fungsi manajemen dalam pelaksanaan proses-proses
perencanaan, pengorganisasian, staffing, memimpin dan mengendalikan.
Lawas mata kuliah MSDM sesuai dengan fungsi MSDM
yaitu hal ihwal staffing dan personalia dalam organisasi, yang mencakup
analisis tugas/jabatan, rekrutmen dan seleksi calon tenaga kerja, orientasi,
pelatihan, pemberian imbalan, penilaian dan pengembangan SDM. Karena sebagian
atau seluruh tugas tentang penempatan personalia yang tepat untuk tugas yang tepat,
orientasi, pelatihan, pemberian imbalan, promosi, pendisiplinan serta penilaian
kerja untuk perbaikan kinerja merupakan tugas setiap manajer maka scope MSDM
mencakup seluruh tugas tentang SDM yang diemban oleh setiap manajer. Dan aspek
manajemen serta SDM demikian strategis dan demikian luasnya, maka MSDM
melibatkan banyak aspek, terutama dengan faktor-faktor lingkungan internal
organisasi (kekuatan dan kelemahan) serta lingkungan eksternal (peluang dan
ancaman).
Tantangan manajer masa kini adalah merespons perubahan-perubahan eksternal agar faktor-faktor lingkungan internal perusahaan menjadi kuat dan kompetitif.
Tantangan manajer masa kini adalah merespons perubahan-perubahan eksternal agar faktor-faktor lingkungan internal perusahaan menjadi kuat dan kompetitif.
B.
Rumusan dan Batasan Masalah
1.
Rumusan Masalah
Berdasarkan
uraian latarbelakang di atas, maka dapat dikemukakan rumusan masalah dalam makalah
ini sebagai berikut:
1. Apa pengertian oraganisasi?
2. Bagaimana unsur unsur organisasi?
3. Bagaimna unsur unsur sumber daya manusia?
4. Bagaimna peranan manajemen?
2.
Batasan Masalah
Berdasarkan
rumusan masalah di atas, maka makalah ini akan membahas tentang pengertian organisasi, unsur organisasi dan unsur sumber
daya manusia serta peranan manajemen organisasi.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Organisasi
Pengertian
organisasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah kesatuan yang terdiri
atas bagian-bagian dalam perkumpulan untuk tujuan tertentu.
Organisasi Menurut Stoner,
‘Organisasi adalah suatu
pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan
manajer mengejar tujuan bersama.’[1]
Organisasi Menurut Chester I.
Bernard
‘Organisasi merupakan
suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.’[2]
Pengertian
Organisasi secara umum
adalah bentuk formal dari sekumpulan dua orang atau lebih yang dikelompokkan
dalam suatu proses/kerjasam tertentu untuk mewujudkan tujuan yang telah
ditetapkan secara bersama.
Memahami
pengertian organisasi penting karena dapat membantu kita untuk membentuk suatu
tim kerja atau aktifitas tertentu.
Dalam sebuah organisasi, pengalaman merupakan salah satu jembatan mencapai
keberhasilan.
Siapapun memerlukan pengalaman dalam organisasi, ini
dikarenakan manusia adalah makhluk social yang pasti akan berinteraksi dengan
yang lain. Dengan bekerja sama dengan yang lain maka pekerjaan akan terasa
lebih ringan. Selain itu pekerjaan atau tugas akan lebih cepat terselesaikan
dibandingkan kita hanya bekerja seorang diri.
B. Unsur Unsur Organisasi
Setiap bentuk organisasi akan mempunyai unsur-unsur
tertentu, yang antara lain sebagai berikut :
1.
Sebagai Wadah Atau Tempat Untuk Bekerja Sama
‘Organisasi
merupakan suatu wadah atau tempat dimana orang-orang dapat bersama untuk
mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan. Pengertian tempat di sini dalam
arti fungsi yaitu menampung atau mewadai keinginan kerja sama beberapa orang
untuk mencapai tujuan tertentu.’[3]
2.
Proses kerja sama sedikitnya antar dua orang
‘Suatu
organisasi, selain merupakan tempat kerja sama juga merupakan proses kerja sama
sedikitnya antar dua orang. Dalam praktek, jika kerja sama tersebut di lakukan
dengan banyak orang, maka organisasi itu di susun harus lebih sempurna dengan
kata lain proses kerja sama di lakukan dalam suatu organisasi.’[4]
3. Jelas tugas kedudukannya masing-masing
‘Dengan
adanya organisasi maka tugas dan kedudukan masing-masing orang atau pihak
hubungan satu dengan yang lain akan dapat lebih jelas, dengan demikian
kesimpulan dobel pekerjaan dan sebagainya akan dapat di hindarkan. Dengan kata
lain tanpa orang yang baik mereka akan bingung tentang apa tugas-tugasnya dan
bagaimana hubungan antara yang satu dengan yang lain.’[5]
4. Ada tujuan
tertentu
‘Betapa
pentingnya kemampuan mengorganisasi bagi seorang manajer. Suatu perencana yang
kurang baik tetapi organisasinya baik akan cenderung lebih baik hasilnya dari
pada perencanaan yang baik tetapi tidak baik.’[6]
Organisasi juga mempunyai
unsur-unsur pendukung agar bisa berjalan dan terlaksana, berikut unsur-unsur
organisasi :
a)
Man
Man
(orang-orang), dalam kehidupan organisasi atau ketatalembagaan sering disebut
dengan istilah pegawai atau personnel. Pegawai atau personnel terdiri dari
semua anggota atau warga organisasi, yang menurut fungsi dan tingkatannya
terdiri dari unsur pimpinan (administrator) sebagai unsur pimpinan tertinggi
dalam organisasi, para manajer yang memimpin suatu unit satuan kerja sesuai
dengan fungsinya masing-masing dan para pekerja (nonmanagement/workers). Semua
itu secara bersama-sama merupakan kekuatan manusiawi (man power) organisasi.
b)
Kerjasama
Kerjasama
merupakan suatu perbuatan bantu-membantu akan suatu perbuatan yang dilakukan
secara bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Oleh karena itu, semua
anggota atau semua warga yang menurut tingkatan-tingkatannya dibedakan menjadi
administrator, manajer, dan pekerja (workers), secara bersama-sama merupakan
kekuatan manusiawi (man power) organisasi.
c)
Tujuan Bersama
Tujuan merupakan arah atau
sasaran yang dicapai. Tujuan menggambarkan tentang apa yang akan dicapai atau
yang diharapkan. Tujuan merupakan titik akhir tentang apa yang harus
dikerjakan. Tujuan juga menggambarkan tentang apa yang harus dicapai melalui
prosedur, program, pola (network).
d)
Peralatan (Equipment)
Unsur yang keempat adalah
peralatan atau equipment yang terdiri dari semua sarana, berupa materi,
mesin-mesin, uang, dan barang modal lainnya (tanah, gedung/bangunan/kantor).
e)
Lingkungan (Environment)
Faktor lingkungan
misalnya keadaan sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi. kebijaksanaan
(policy), strategi, anggaran (budgeting), dan peraturan-peraturan (regulation)
yang telah ditetapkan. Dan juga beberapa tujuan tertentu,
C. Unsur Unsur Sumber Daya Manusia
Unsur sumber
daya manusia itu seperti, energi, bakat, keterampilan, kondisi fisik dan mental
manusia yang dapat digunakan untuk berproduksi. Unsur yang dimiliki diharapkan
dapat menunjang kebutuhan dalam mencapai tujuan.
Unsur-unsur (variables)
sumber daya manusia menurut Faustino Cardoso Gomes dalam bukunya yang berjudul Manajemen
Sumber Daya Manusia meliputi :
1.
Kemampuan-kemampuan (Capabilities),
2.
Sikap (Attitudes),
3.
Nilai-nilai (Values),
4.
Kebutuhan-kebutuhan (Needs),
5.
Karakteristik demografisnya
(Penduduk).
Sumber daya manusia yang berkualitas tinggi adalah
sumber daya yang mampu menciptakan bukan saja nilai komparatif, tetapi juga
nilai kompetitif-generatif-inovatif dengan menggunakan energi tertinggi seperti
intelligence, creativity, dan imagination; tidak lagi
semata-mata menggunakan energi kasar seperti bahan mentah, lahan, air, tenaga,
otot dan sebagainya. (Ndaraha, 1999:12)”
Pendapat Taliziduhu Ndaraha menyebutkan bahwa
kualitas sumber daya manusia yang tinggi mampu menggunakan daya yang bersumber
pada dirinya tidak hanya otot, keterampilan dan kemampuan tetapi pola pikir,
kecerdasaan dan kekreatifitasan. Sumber daya manusia merupakan satu-satunya
sumber daya yang memiliki akal perasaan, keinginan, keterampilan, pengetahuan.
D. Peranan Manajemen
Manajemen sangatlah penting dalam kehidupan sehari
sehari, karena berperan sangat penting dalam menentukan keberhasialan dalam
mencapai sebuah tujuan yang telah di tetapkan, agar tujuan kita dapat tercapai
dengan baik sehingga manajemen harus terkodinir dengan baik. Bukan itu
saja,manajemen juga banyak memepunyai peran anatara lain sebagai berikut
interpersonal,informasi,pengambilan keputusan. Adapun contoh dari masing peran
anatara lain sebagai berikut
1.
Contoh manajemen interpersonal
adalah sebagai penghubung seseorang dengan orang lain
2.
Contoh manajemen informasi adalah
sebagai informasi atau pengatur informasi yang di miliki baik yang berasal dari
dalam maupun dari luar
3.
Contoh manajemen dalam
pengambilan keputusan adalah peran dalam memebuat keputusan yang baik
yang di tentukan sendiri maupun yang di hasilkan bersama pihak lain,
Selain itu manajemen sangat penting bagi kehidupan
kita,karena dengan adanya manejemen dapat mengatur sesuatu dengan baik
dan benar.Peranan manajemen dalam hubungan masyarakat bertujuan untuk
pemanfaatan sumber belajar mengajar di sekolah yang dapat di kelola melalui
manajemen humas,dan orang tua jg dapat ikut serta dalam pemanfaatan sumber
belajar ini.Peranan manajeman keuangan merupakan salah satu bidang fungsional
dalam suatu perusahaan,yang memepelajari tentang pengggunaaan dana ,memperoleh
dana dan pembagian dana hasil operasi perusahaan.
Manajemen dalam organisasi juga berperan
penting,karena dengan adanya manajemen oraganisasi kita akan lebih mudah
melakukan sebuah kegiatan atau merancang sebuah kegiatan yang di lakukan oleh
organisasi dan dapat di implemantisakan secara efetif,organisasi
(organization) memiliki hubungan erat dengan manajemen,oraganisasi merupakan
alat dan wadah atau tempat manajer melakukan kegiatan kegiatan untuk mencapai
tujuan yang di inginkan.Organisasi oragnisasi merupakan entitas-entitas yang
memeungkinkan masyarakat mencapai hasil-hasil yang tidak mungkin dilaksanakan
oleh individu-individu yang bertindak secara sendiri,
George R. Terry dan Leslie W. Rue menyebutkan lima
peran utama manajemen sumber daya manusia yang terdiri dari :
1.
Planning. Menentukan tujuan-tujuan yang hendak dicapai selama suatu masa yang akan
datang dan apa yang harus diperbuat agar dapat mencapai tujuan-tujuan
2.
Organizing. Mengelompokkan dan menentukan berbagai kegiatan penting dan memberikan
kekuasaan untuk melaksanakan kegiatankegiatan.
3.
Staffing. Menentukan keperluan-keperluan sumber daya manusia,pengerahan, penyaringan,
latihan dan pengembangan tenaga kerja.
4.
Motivating.Mengarahkan atau menyalurkan perilaku manusia kearahtujuan-tujuan.
5.
Controlling. Mengukur pelaksanaan dengan tujuan-tujuan menentukan sebab-sebab
penyimpangan dan mengambil tindakan-tindakan kolektif.
BAB III
PENUTUP
A. Simpulan
Berdasarkan
penjelasan mengenai
pembahasan di atas, penulis
dapat menarik kesimpulan sebagai
berikut :
1.
Pengertian Organisasi adalah
bentuk formal dari sekumpulan dua orang atau lebih yang dikelompokkan dalam
suatu proses/kerjasam tertentu untuk mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan
secara bersama.
2.
Setiap bentuk
organisasi akan mempunyai unsur-unsur tertentu yaitu Sebagai Wadah Atau Tempat Untuk Bekerja Sama, Proses kerja
sama sedikitnya antar dua orang, Jelas tugas kedudukannya masing-masing dan Ada tujuan tertentu
3.
Unsur sumber daya manusia itu
seperti, energi, bakat, keterampilan, kondisi fisik dan mental manusia yang
dapat digunakan untuk berproduksi. Unsur yang dimiliki diharapkan dapat
menunjang kebutuhan dalam mencapai tujuan
4.
Manajemen sangatlah penting dalam
kehidupan sehari sehari, karena berperan sangat penting dalam menentukan
keberhasialan dalam mencapai sebuah tujuan yang telah di tetapkan, agar tujuan
kita dapat tercapai dengan baik sehingga manajemen harus terkodinir dengan
baik. Bukan itu saja,manajemen juga banyak memepunyai peran anatara lain
sebagai berikut interpersonal,informasi,pengambilan keputusan.
B. Saran
Melalui
makalah ini, penulis akan memberikan saran kepada pembaca mengenai pembahasan yang
terkait dengan makalah sebagai berikut :
1.
Dalam sebuah
organisasi manajemen memiliki peranan penting untuk mencapai sebuah
keberhasilan
2.
Jika manajemen
dalam organisasi makan besar kemungkinan suatu organisasi merosot.
3.
Sumber daya manusia
dipengaruhi oleh unsur yang penting.
DAFTAR PUSTAKA
Mangkunegara, Anwar
Prabu, Manajemen
Sumber Daya Manusia Perusahaan [t.cet] ; Bandung
: PT. Remaja Rosda Karya, 2002.
Rowley, Chris
dan Keith Jackson, Manajemen Sumber Daya Manusia [t.cet] ; Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada, 2012.
[1]Anwar Prabu
Mangkunegara, Manajemen Sumber Daya
Manusia Perusahaan ([t.cet] ; Bandung : PT. Remaja Rosda Karya, 2002), h
12.
[3] Chris Rowley dan Keith
Jackson, Manajemen Sumber Daya Manusia ([t.cet] ;
Jakarta : PT.
RajaGrafindo Persada, 2012), h. 54.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar